Tingkatkan Kualitas SDM Pariwisata, Maha Hills Bali Konsisten Berikan Training and Development

Guna meningkatkan sumber daya manusia, SDM tentang industri pariwisata, Maha Hills Resort Lovina konsisten memberikan pembekalan kepada seluruh karyawan.

Pelatihan Hospitality adalah salah satu bentuk pelatihan yang sangat penting untuk berkarir di dunia pariwisata. Dengan adanya pelatihan hospitality, otomatis penerapan terhadap pekerjaan di lapangan akan lebih sejalan dan relevan, Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas SDM di bidang pariwisata adalah dengan memberikan pelatihan yang memadai. Oleh karena itu Maha Hills Resort Lovina konsisten berikan training and development kepada seluruh karyawan.

Seperti yang diketahui, pariwisata adalah salah satu sektor yang sangat penting dalam perekonomian suatu negara terutama di Bali bahkan Bali menjadi tulang tunggung pariwisata di Indonesia. Selain mampu menarik banyak wisatawan, pariwisata juga memberikan banyak peluang kerja dan usaha untuk masyarakat. Oleh karena itu, pentingnya untuk memastikan bahwa kualitas sumber daya manusia, SDM di bidang pariwisata terus meningkat.

Beberapa narasumber ternama dihadirkan untuk mengisi training and development di Maha Hills Resort Lovina, yaitu Hotel management Consultant Ketut Swabawa, Cha dan Hospitality and Cruise Line Training Consultant I Nyoman Suweca ,SE,..CEP.,CPS.,CRMH.

Dalam pemaparannya, Hotel management Consultant Ketut Swabawa, Cha mengungkapkan, bisnis pariwisata yang ada di Bali mengalami pergeseran bisnis landscape yang sangat signifikan karena pengaruh kemajuan teknologi, dengan adanya pergeseran tersebut, pihaknya mendorong para pekerja pariwisata dan perhotelan khususnya di Maha Hills Resort Lovina bisa menunjukan karakter hospitality yang auntentik. “Jadi disini bagaimana kita memberikan pelayanan prima yang berkepribadian sesuai dengan karakter budaya bali, karena lecutan awalnya adalah kemajuan teknologi yang tidak bisa kita hindari dinamikanya akan terus berlanjut dan kita harus menguatkan SDM kita sendiri,”ungkapnya.

Lanjut Ketut Swabawa, Cha, dengan adanya ancaman pariwisata seperti ini, diharapkan seluruh individu para pekerja di pariwisata dan perhotelan mampu mengeksplorasi diri dengan mengetahui keunggulan, kelemahan, ancaman, dan kesempatan dirinya sendiri. “Ini bisa dipetakan agar bisa mengetahui keunggulan, kelemahan pada karyawan dengan begitu managemen bisa membuat peta agar mengetahui apa yang dibutuhkan karyawan untuk kelancaran dan pertumbuhan perusahaan,”imbuhnya.

Sementara itu, dalam pemaparan Hospitality and Cruise Line Training Consultant I Nyoman Suweca ,SE,..CEP.,CPS.,CRMH. menekankan para pekerja pariwisata dan perhotelan mampu memberikan dan memfokuskan diri pada bagaimana cara memperlakukan tamu dengan sempurna. “Jadi yang paling saya tekankan disini dari semua komponen departemen adalah bersinergi bersama sama untuk memberikan pelayanan yang terbaik, memberikan pelayanan dari hati kepada para tamu agar ekspetasi tamu ketika datang ke hotel itu terpenuhi,”ujarnya.

Lanjut I Nyoman Suweca berharap, dengan adanya training and development yang diadakan oleh Maha Hills Resort Lovina, para karyawan bisa terus bersemangat untuk menaikan review tamu agar luar biasa pada seluruh platform media social maupun e commerce yang dimiliki oleh Maha Hills Resort Lovina. Tentunya dengan begitu akan mendatangkan tamu yang berkualitas, terangnya.

Adapun materi yang diberikan dalam training and development yaitu Hospitality Industry Knowledge meliputi hotel and tourism facility, service excellence, magic word, guest character dan self empowerment.